KESEHATAN

5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat


Beritaqkita - Saat hidung tersumbat biasanya seseorang juga akan mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak. Bernapas pun hanya bisa dilakukan melalui mulut. Padahal sebagaimana yang kita ketahui, mulut tidak dibekali dengan penyaring layaknya bulu hidung. Hal ini yang akhirnya menyebabkan flu dapat bertahan lama. Selain meminta obat dari dokter atau bidan kita juga bisa melakukan cara menyembuhkan hidung tersumbat dengan bahan alami yang mudah dan aman digunakan.

1. Batuk pilek
Keluhan pilek atau batuk pilek sering terjadi akibat masuknya benda asing seperti infeksi atau kotoran pada saluran napas bagian atas, yakni tenggorokan dan hidung. Ketika pilek, hidung mungkin akan tersumbat. Dalam kasus umum, pilek biasanya akan segera sembuh dengan sendirinya setelah 7-10 hari.

2. Flu
Influenza terjadi akibat serangan virus pada sistem pernapasan seperti tenggorokan, hidung dan paru-paru. Kondisi juga dapat memicu terjadinya hidung tersumbat. Pada dasarnya flu juga bisa sembuh dengan sendirinya, namun saat flu sudah mengalami kasus komplikasi maka komplikasi tersebut dapat membahayakan kesehatan penderita.

3. Sinusitis akut
Sinusitis akut umumnya dapat berkembang akibat batuk pilek. Kondisi ini biasanya dapat sembuh dengan sendirinya maksimal dalam waktu 10 hari. Namun jika terjadi sinusitis maka jaringan yang ada di dalam hidung dapat membengkak dan meradang hingga rongga hidung menjadi lebih sempit. Hal ini juga memicu meningkatnya produksi lendir dan akhirnya mengakibatkan hidung tersumbat.

4. Alergi
Saat penderita alergi terkena zat penyebab alergi maka badan mereka akan bereaksi. Banyak reaksi yang mungkin terjadi akibat alergi. Pada kasus rinitis alergi, terjadi resiko gangguan sistem pernapasan, dimana  jumlah produksi lendir di dalam rongga hidung menjadi bertambah. Hal ini akhirnya mengakibatkan reaksi pilek dan bersin-bersin. Pada kondisi ini, juga dapat terjadi kemungkinan hidung menjadi tersumbat.

5. Reaksi dari sistem imun dalam tubuh yang kewalahan untuk melawan serangan jamur di udara
Sistem imun dalam tubuh yang lemah memudahkan jamur, virus maupun bakteri masuk dan menyerang kondisi kesehatan tubuh dan menjadi jatuh sakit.AGEN KASINO

About Unknown

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.