KESEHATAN

4 Cara Mencegah Kanker Payudara dengan Cepat Beserta Cara Mengobatinya


Beritaqkita - Berbagai jenis dari penyuluhan sudah pasti sering kali di gembor-gembor kan oleh pemerintah tentang penanggulangan penyakit ini. Mulai dari paham apa itu kanker, bagaimana menghindari penyakit kanker,bagaimana mengenal kanker sejak dini sampai dengan bagaimana cara mengobati penyakit kanker dengan berbagai cara dan juga metode. Namun tetap saja masih banyak orang yang bisa terjangkit dan juga sakit karena kanker. Salah satu jenis kanker  yang paling sering di derita seorang pasien penyakit kanker adalah kanker Payudara. Jenis kanker ini menyumbang lebih dari 50 % penderita kanker yang ada di Indonesia. Bagaimana tidak, kurang tahu nya seorang wanita tentang penanggulangan dan juga cara menghindari kanker payudara masih minim di Indonesia. Oleh karena itu disini akan kita bahas tentang bagaimana cara mencegah kanker payudara dan juga beberapa penjelasannya.AGEN KASINO

Pengertian Kanker
Sebelum kita membahas bagaimana cara mencegah kanker payudara alangkah lebih baiknya kita membahas mengenai kanker itu sendiri. Menurut pengertian secara medis, kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang di akibatkan karena adanya pertumbuhan se-sel atau jaringan tubuh secara tidak normal. Pertumbuhan tidak normal yang terjadi pada sel tubuh kita ini akan berubah menjadi sel kanker yang cukup berbahaya. Dan apabila sel tersebut sudah berubah menjadi sel kanker penyebaran akan sel kanker ini bisa menyebar kemana saja yang dimana salah satunya adalah menjalar ke arah payudara bagi seorang wanita.

Sebagian besar orang sering mengaitkan antara kanker dengan tumor. Meskipun banyak yang mengira seperti itu, padahal secara penjelasan medis bahwa tumor dan kanker adalah 2 jenis penyakit yang berbeda. Tumor itu sendiri merupakan salah satu penyakit yang mengakibatkan benjolan yang abnormal atau sering di sebut tidak normal. Dalam kasus ini, tumor tersebut terbagi menjadi 2 kelompok yaitu penyakit tumor jinak dan juga tumor ganas.  Kanker inilah yang secara medis di kelompokan menjadi salah satu jenis dari pada tumor ganas.

Meskipun kanker masuk dalam kategori tumor ganas dan tumor itu sendiri merupakan salah satu penyakit yang memberikan tanda berupa benjolan yang tidak normal namun dalam kenyataannya setiap orang yang terkena kanker baik itu kanker payudara atau kanker jenis lainnya sering kali tidak merasakan adanya sakit di sekitaran badan yang terkena kanker. Penyakit ini akan mulai terasa jika sudah tergolong cukup parah.

Kanker termasuk jenis penyakit yang tumbuh dan menyebar. Maksudnya adalah ketika salah satu organ tubuh yang terkena kanker, apabila kita telat bertindak dan tidak ada langkah pencegahan maupun pengobatan secara baik sudah dipastikan penyakit kanker ini akan menyebar luas dengan sendiri dan kemungkinan hidup seseorang yang sudah memiliki kanker yang meluas hanyalah 1%.  Meskipun begitu harapan hidup masih lah terbuka karena banyak pula contoh para penderita kanker yang bisa sembuh dan selamat dari penyakit yang berbahaya ini.

Penyakit kanker ini bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal gender, usia dan juga waktu. Setiap orang sangat bisa terkena penyakit kanker kapanpun dan dimanapun. Oleh karena itu sangatlah wajib hukumnya bagi setiap orang mengetahui beberapa pengetahuan tentang jenis kanker ini salah satunya adalah kanker payudara.

Secara umum, penyakit kanker ini memiliki tanda-tanda atau gejala yang bisa kita amati dan pelajar. Segeralah untuk periksa ke dokter apabila anda merasakan beberapa gejala di bawah ini.

Adanya luka seperti borok atau koreng yang sulit sembuh meski sudah di beri obat
Keluarnya darah atau lendir yang tidak biasa keluar dari tubuh
Adanya perbedaan atau perubahan yang tidak biasa ketika kita buang air besar atau buang air kecil
Merasakan adanya gangguan yang tidak ter identifikasi pada alat pencernaan.
Sering batuk-batuk dan suara serak yang tak kunjung sembuh
Terdapat benjolan yang abnormal atau tidak biasa di bagian tubuh seperti payudara atau pun tempat lainnya
Munculnya tanda seperti tahi lalat yang berubah dan semakin membesar sekaligus memberikan rasa gatal.
Pengertian Kanker Payudara
Seperti yang sudah di bahas di awal tadi bahwa kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang memiliki jumlah penderita cukup banyak. Jika di artikan secara terpisah kanker payudara adalah salah satu jenis pergerakan salah satu sel secara tidak normal alias abnormal di sekitaran payudara. Jenis kanker ini memang lebih sering menyerang wanita meskipun seorang pria pun memiliki kemungkinan terkena jenis kanker ini.

Rata-rata para wanita yang terkena jenis kanker ini adalah wanita berumur 22 tahun ke atas. Namun rata-rata wanita yang terkena kanker payudara adalah para wanita yang sudah menikah dan memiliki anak sehingga umur tidak bisa menjadi patokan seseorang bisa terkena kanker payudara ini. Beberapa ahli medis menjelaskan bahwa kanker payudara ini sangat bisa di sembuhkan secara permanen apabila seorang wanita rajin memeriksakan kesehatan payudara nya secara rutin. Atau pun bisa menjaga kesehatan payudara nya secara baik dan secara benar.

Selain itu juga apabila seorang wanita sudah mengalami gejala-gejala janggal sekitaran payudara, alangkah baiknya sesegera memeriksakan nya kepada ahli agar bisa di observasi secara menyeluruh. Rata-rata para wanita mengabaikan kesehatan payudara nya dan enggan memeriksakan rutin kepada para ahli. Mungkin karena faktor kurang percaya diri dan juga rasa malu yang di miliki membuat seorang wanita jarang berkonsultasi dengan dokter ahli mengenai kesehatan payudara nya.

Peran payudara sangatlah penting bagi wanita. Disamping sebagai mempercantik diri sendiri, fungsi dari pada payudara sebagai sumber asi bagi buah hati kita merupakan faktor penting mengapa kita harus merawat dan menjaga kesehatan payudara kita. Selain rajin memeriksakan kesehatan payudara kepada ahlinya, merawatnya di rumah dengan berbagai macam cara pun bisa di coba agar anda bisa terhindar dari penyakit kanker payudara ini.

Macam-Macam Jenis Kanker
Selain penyakit kanker payudara terdapat beberapa jenis kanker yang bisa menerpa kita apabila kita teralu kurang menjaga kesehatan tubuh kita. Berikut adalah macam -macam jenis kanker yang sering menyerang siapapun dan juga kapanpun.

1. Kanker Darah

Salah satu jenis kanker yang satu ini termasuk dalam kanker yang sangat berbahaya. Penyakit kanker ini menyerang sel-sel yang membentuk sel darah dalam sumsum tulang sehingga mempengaruhi daripada produksi dan juga fungsi dari sel darah itu sendiri. Jenis kanker darah ini memiliki cabang atau turunannya seperti Meloma, Leukimia dan Limfoma.

2. Kanker Hati

Jenis kanker selanjutnya adalah jenis kanker yang sering menyerang para kaum adam yaitu kanker hati. Jenis kanker ini sesuai dengan namanya yaitu kanker yang muncul di sekitaran hati kita yang kemudian menyebar ke organ lain. Seperti yang kita ketahui bahwa Hati memiliki peran penting di dalam organ tubuh kita.  Salah satu fungsi terbaik dari Hati adalah untuk menyaring atau membersihkan darah kita dari beberapa racun-racun atau zat berbahaya yang kita konsumsi sehingga darah kita mengalir dengan baik. Gagalnya fungsi hati karena terkena kanker akan memberikan dampak negatif bagi tubuh yang bisa mendekatkan kita kepada kematian.

3. Kanker Kulit

Salah satu jenis kanker yang satu ini memang sangat jarang kita dengar karena para penderitanya memang relatif sedikit bila di bandingkan dengan beberapa jenis kanker lainnya. Namun jenis penyakit kanker yang satu ini pun tidak dianggap enteng oleh kita. Jika melihat diagnosa medis, penyakit ini di sebabkan karena adanya prilaku tidak normal pada beberapa sel kulit yang di akibatkan adanya mutasi pada sel DNA sehingga terjadi beberapa efek seperti pertumbuhan sel yang cepat, kehilangan sifat dasar sel dan juga usia sel menjadi lebih panjang. Jika dilihat dari jenis sel yang di serang oleh kanker ini, Kanker kulit di bagi menjadi 2 jenis yaitu Melanoma dan Non Melanoma.

4. Kanker Lambung

Jenis kanker selanjutnya adala Kanker Lambung. Jenis kanker ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Namun kebanyakan yang menderita jenis kanker ini memiliki rentan usia antara 50 – 65 tahun. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa lambung merupakan salah satu organ terpenting dalam pencernaan kita. Tidak bisa berfungsi secara maksimal akan membuat pencernaan kita terganggu. Terlebih cara penyakit ini menyebar adalah dengan menggerogoti lambung yang nanti akan menyebar ke beberapa organ vital lainnya.

About Unknown

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.