KESEHATAN

8 Cara Menghilangkan Sariawan dengan Bahan Alami, Obat, Gaya Hidup dan Efek Samping


Beritaqkita - Pada dasarnya kalau sariawan adalah perlukaan yang bisa sembuh dengan sendirinya. Tanpa penanganan pun bisa sembuh sendiri. Hanya saja terkadang kalau dibiarkan sungguh lama sembuhnya, bisa satu bulan sendiri. Luka sariawan yang tadinya kecil pun akan terus melebar hingga 3-5 kali lipat. Tentu sangat menganggu proses mengunyah makanan dan bicara.

Penyebab Sariawan
Ada banyak penyebab sariawan. 70% adalah karena tidak sengaja tergigit saat sedang makan. Sedangkan 30% karena faktor lain seperti kekurangan vitamin B complex, vitamin C maupun faktor penyakit seperti panas dalam dan mulut kering. Selain itu, orang juga bisa kena sariawan akibat gesekan bracket kawat gigi. Makanya jadi banyak orang yang enggan pakai kawat gigi karena gesekan yang membuat perih dan susah makan ini.

Namun ada pula keunikan dari lesi mulut ini bahwa gangguan ini bisa pula dikarenakan stress.Meskipun angka kejadiannya sangat kecil hanya 2% saja dari total penyebab sariawan. Nah, cara menghilangkan lesi mulut karena stress ini tentu saja harus menyembuhkan stressnya dulu.

Namun berhati-hatilah bahwa ternyata sariawan dapat pula disebabkan karena masalah yang lebih serius, seperti kanker mulut. Gejala kanker mulut pada awalnya memang bisa membuat jadi sariawan yang tak kunjung sembuh dan berdarah-darah. Makanya jangan sepelekan lesi mulut yang parah macam ini.

Gejala Sariawan
Tahukah apa saja gejala sariawan? Untuk mudahnya, tentu saja akan terlihat luka pada jaringan mukosa (jaringan lunak) di bibir, pipi bagian dalam, lidah maupun gusi. Luka ini awalnya kecil dan lama-lama bisa membesar. Borok lesi mulut umumnya bisa sembuh sendiri setelah 1-2 minggu.

Namun bila kondisi tubuh seseorang sedang tidak fit, stress dan kurang vitamin maka biasanya proses penyembuhan jadi lebih lama.Gejala awalnya dari kemunculan sariawan yang pure karena lesi mulut adalah munculnya bisul kecil berisi air. Yang mana jika bentol kecil ini pecah, luka bekasnya bisa menimbulkan penyakit lesi mulut. Namun ada pula jenis sariawan yang disebabkan karena tergigit, terbentur atau tergores benda tajam, di mana biasanya lesi mulut terbentuk setelah adanya luka sobek yang cukup dalam dan berdarah.

Meskipun kelihatannya sariawan adalah gangguan yang sepele, namun gejala sariawan yang kronis patut dicurigai dan diwaspadai. Orang yang terlalu sering kena lesi mulut dianggap sebagai orang yang memiliki tingkat stress hidup yang tinggi. Selain itu lesi mulut terus-menerus di rongga mulut juga dikhawatirkan menjadi gejala dari kanker mulut.

1. Jeruk
Sudah tentu semua orang akan sepakat bahwa jeruk menjadi buah yang mengandung vitamin C melimpah. Cara menghilangkan penyakit sariawan dengan jeruk terbukti sangat manjur, meskipun harus sabar dan butuh waktu. Ada cara mengolah jeruk terbaik untuk pengobatan lesi mulut, seperti yang tersebut dalam prosedur di bawah ini.

Caranya:

Siapkan 5 butir jeruk peras
Belah dengan pisau menjadi 2 bagian
Peras jeruknya dengan saringan jeruk
Tidak perlu ditambahkan dengan air maupun gula
Silahkan minum air perasannya

2. Lemon
Cara menghilangkan lesi mulut yang parah yaitu menggunakan buah lemon. Buah lemon selama ini dikenal sebagai campuran membuat minuman belaka. Padahal lemon merupakan salah satu buah yang juga bagus untuk diperas sendiri atau dibuat menu minuman tersendiri. Meminum ramuan lemon terbukti ampuh sebagai cara menghilangkan sariawan secara tuntas tanpa bekas.

Caranya:

Siapkan 1 butir lemon
Cuci bersih
Rebus melonnya supaya lunak
Jika sudah lunak, belah lemonnya
Ambil air rebusannya tadi, tuang ke dalam gelas
Belahan lemonnya yang sudah dipotong tipis atau dadu, silahkan celupkan ke air rebusan
Minum air rebusan lemon ini
Sebaiknya ditambahkan gula sampai manis karena lemon rasanya sangat kecut

3. Jambu Biji
Psidium Guajava atau Jambu Biji adalah buah dengan kandungan vitamin C yang amat melimpah, bahkan melebihi jeruk. Cara menghilangkan sariawan dengan meminum jus jambu biji tiap hari efektif buat mempercepat masa penyembuhan lesi mulut. Selain itu juga bisa menghentikan peradangan dan perluasan luka pada lesi mulut akibat tergigit. Untuk mengolah obat sariawan dari jambu biji ini tidak sulit kok.

Caranya:

Siapkan 3 jambu biji merah ukuran sedang
Cuci bersih bagian luarnya
Potong kecil-kecil, masukkan blender
Blenderlah tanpa perlu menambahkan air, namun jika dirasa terlalu liat bisa ditambah air jangan kebanyakan
Tuangkan ke dalam gelas jika sudah lembut
Silahkan minum 3 kali sehari

4. Tomat
Berdasarkan percobaan banyak orang, ketika mereka sedang terkena sariawan sangat parah, maka mereka bakalan membuat jus tomat dan sangatlah manjur. Selain itu, kandungan beta karoten dalam tomat juga sangat bagus sekali untuk antioksidan.

Caranya:

Siapkan 5 butir tomat ukuran sedang
Cuci dengan air mengalir sampai bersih
Belah tomatnya, potong dadu
Silahkan langsung dimakan saja, tanpa perlu dijus
Jangan menambahkan gula karena biasanya tomat sudah agak manis

5. Pepaya
Buah pepaya sangatlah baik untuk tubuh karena bisa membuat badan jadi segar bugar. Selain itu, pepaya juga efektif buat cara menghilangkan sariawan secara permanen. Memakan buah pepaya atau meminumnya jusnya sungguh bagus sekali buat merawat luka lesi mulut yang terus membesar, namun sebaiknya saat memakannya jangan dalam kondisi dingin dan jangan diberi gula.

Caranya:

Siapkan 1 pepaya
Kupas kulitnya
Ambil dagingnya
Silahkan langsung dimakan saja, tanpa perlu dijus
Sebaiknya memilih jenis pepaya California karena manis dan tidak bau

6. Melon
Memakan melon juga bisa menjadi alternatif untuk cara menghilangkan lesi mulut dengan cepat dan aman. Buah melon yang kaya dengan air memang dapat mencegah sariawan melebar dan semakin dalam. Namun ada yang harus diperhatikan bahwa meskipun buah ini baik, namun sebaiknya untuk dikonsumsi dalam kondisi suhu ruangan. Sebab rasa dingin akibat es batu dikhawatirkan akan bisa memicu peradangan di tenggorokan.

Caranya:

Sangat mudah mengolah melon, silahkan beli saja melon ukuran sedang baik yang jenis melon hijau maupun kuning
Potong melonnya sesuai selera
Langsung dimakan saja, tanpa perlu dijus
Namun jika mau dijus juga baik untuk cara menghilangkan sariawan
Tanpa periu menambahkan gula
Masukkan ke freezer saja jus melonnya, sebelum diminum

7. Semangka
Sama dengan melon, buah semangka juga salah satu buah terbaik untuk sembuhkan sariawan. Cara menghilangkan sariawan ini seharusnya dilakukan dengan makan buah-buahan kaya air seperti ini memang, supaya mulut tidak kering dan lesi mulut jadi lebih mudah sembuh. Buah semangka ini bisa dibuat jus maupun dimakan langsung.

Caranya:

Cara mengolah buah semangka sama saja seperti melon
Bisa langsung dimakan maupun dijus
Namun alangkah baiknya agar semangka langsung dimakan saja, tidak perlu dijus
Pilih jenis semangka bulat, inul maupun semangka kuning
Jika bisa pilih varian semangka non biji

8. Nanas
Buah nanas adalah salah satu buah tropis yang memiliki banyak kegunaan. Selain bisa membuat badan jadi lebih segar, buah ini terkenal efektif mengatasi gangguan radang tenggorokan, amandel dan sariawan. Jika sedang mencari cara menghilangkan sariawan, maka nanas bisa menjadi salah satu solusi praktisnya. Apalagi buah ini sangat fleksibel diolah, bisa langsung dimakan maupun dijus dan dibuat, selain itu juga bisa dibuat campuran bahan es buah.AGEN KASINO

About Unknown

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.